April 25, 2024
Illustrasi Hasil Mesin Gelato
Keberadaan mesin gelato menjadi solusi yang tepat agar memudahkan Anda dalam membuat es krim gelato. Mesin ini memang dirancang khusus untuk membuat adonan jenis gelato yang mirip dengan mesin hard es krim, bedanya tentu bahan yang digunakan lebih lembut.

Keberadaan mesin gelato menjadi solusi yang tepat agar memudahkan Anda dalam membuat es krim gelato. Mesin ini memang dirancang khusus untuk membuat adonan jenis gelato yang mirip dengan mesin hard es krim, bedanya tentu bahan yang digunakan lebih lembut.

Komponen yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum Anda langkah membuat gelato dengan mesin khusus, berikut beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan dengan baik:

  1. Siapkan susu segar berkualitas

Susu segar menjadi salah satu bahan utama yang perlu Anda persiapkan. Pastikan susu segar ini diambil langsung dari peternakan agar lebih berkualitas sehingga cita rasa yang dihasilkan lebih maksimal. Tak hanya susu, bahkan bahan-bahan lainnya juga perlu Anda pastikan masih fresh, demi menjaga kualitas gelato yang akan dibuat.

  1. Perhatikan kadar lemak

Kandungan lemak yang diperbolehkan dalam pembuatan gelato yakni tidak lebih dari 8%. Aturan tersebut tentu digunakan untuk menjaga kualitas dan kuantitas gelato, sekaligus sebagai pembeda antara es krim biasa dengan es krim gelato.

  1. Suhu penyimpanan dan kandungan udara

Gelato membutuhkan suhu penyimpanan pada minus 14 derajat celcius secara konsisten. Siapkan kulkas khusus gelato agar suhu penyimpanan tetap stabil. Tak hanya itu, perhatikan kandungan udara sebesar 30% dari jumlah udara yang digunakan es krim.

Langkah Membuat Gelato Memakai mesin gelato

Setelah Anda mengetahui komponen yang perlu diperhatikan, adapun beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan. Gunakan alat pendukung seperti mesin gelato, mixer, dan wadah berbahan stainless steel. Untuk bahan dasar gelato membutuhkan susu, krim, kuning telur, gula, bahan tambahan seperti buah segar ataupun coklat sesuai selera. Berikut langkah pembuatan yang perlu Anda kerjakan:

  1. Panaskan susu dan krim dengan api ukuran sedang hingga mendidih. Setelah mulai berbuih, matikan api kompor lalu diamkan susu hingga bersuhu netral.
  2. Kocok kuning telur dan gula dengan mixer, gunakan level speed tercepat agar kedua bahan tersebut segera tercampur rata dan mengental. Turunkan kekuatan mixer secara perlahan, masukkan susu tadi ke adonan, aduk merata.
  3. Panaskan kembali adonan tersebut dengan api kecil. Perhatikan tingkatan api dan adonan jangan sampai mendidih. Setelah mengental segera matikan api dan diamkan adonan hingga dingin sekitar 15 menit.
  4. Nyalakan mesin gelato dan masukkan adonan yang sudah jadi ke mesin tersebut. Atur kecepatan pengadukan dan sesuaikan suhu pendinginan pada mesin gelato. Tunggu hingga mesin berhenti bekerja atau hingga mesin mati, selanjutnya es krim gelato siap disantap.

Itulah empat langkah mudah membuat gelato memakai mesin gelato sehingga lebih praktis. Dengan waktu pembuatan yang singkat dengan hasil maksimal inilah yang membuat es krim gelato semakin banyak penggemarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.