August 12, 2022
Illustrasi Traditional Espresso Machine
Untuk bisa membuat kopi yang nikmat, Teknik saja tidak cukup. Anda juga memerlukan peralatan yang memadai untuk bisa memaksimalkan kenikmatan biji kopi. Karena itu, memilih traditional espresso machine tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Untuk bisa membuat kopi yang nikmat, Teknik saja tidak cukup. Anda juga memerlukan peralatan yang memadai untuk bisa memaksimalkan kenikmatan biji kopi. Karena itu, memilih traditional espresso machine tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Berikut ini adalah ulasan tentang tips memilih traditional espresso machine agar kopi yang anda seduh nikmat maksimal.

Tipe Boiler

Memperhatikan tipe boiler adalah hal yang wajib. Karena hal ini berkaitan langsung dengan seberapa besar kapasitas kopi yang bisa dibuat. Biasanya untuk kedai kopi, boiler yang digunakan dalam mesin espresso tradisionalnya memiliki ukuran yang lebih besar.

Ukuran yang lebih besar berarti memiliki kapasitas pembuatan kopi yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan untuk kedai kopi atau kafe biasanya perlu bisa membuat beberapa porsi kopi dalam sekali berangkat. Tidak seperti ketika membuat kopi sendiri di rumah.

Ukuran yang Diinginkan

Ukuran mesin pembuat kopi juga menjadi pertimbangan tersendiri. Pasalnya ukuran espresso machine for home dan for business tentu berbeda. Untuk kedai kopi atau kafe yang besar, mesin espresso yang biasa digunakan adalah mesin dengan 4 group.

Untuk kedai kopi kecil atau penggunaan rumahan saja, cukup menggunakan mesin espresso yang dengan 2 grup. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan mesin efektif dan tidak mubazir tempat serta biaya operasionalnya.

Stabilitas Temperatur

Kopi sangat dipengaruhi oleh suhu selama pembuatannya. Karena itu memilih mesin dengan stabilitas temperatur yang baik akan sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Untuk mesin pembuat kopi multi modern, biasanya sudah dilengkapi dengan PID atau Proportional integrated Derivative.

Namun jika anda ingin memiliki kemampuan yang lebih dalam pembuatan kopi, disarankan untuk menggunakan traditional espresso machine. Karena anda masih harus mengatur suhu air di dalam boiler secara manual. Untuk keperluan bisnis saja biasanya digunakan mesin espresso modern karena lebih efisien.

Group Head

Yang memiliki pengaruh besar selama proses brewing kopi adalah bagian group head dari mesin kopi itu sendiri. Karena itu anda perlu memperhatikan group head dari mesin kopi yang anda miliki. Beberapa jenis mesin kopi dapat membuat suhu kopi terlalu panas ketika dialirkan ke group headnya.

Namun terdapat jenis baru dari mesin pembuat kopi di mana group head akan dihubungkan langsung dengan boiler. Dampaknya, air yang sudah dipanaskan dari bagian open neck, akan langsung mengalir ke group head.

Desain dan Tampilan

Terakhir adalah desain yang diinginkan. Tidak bisa dipungkiri meskipun tidak memiliki pengaruh langsung pada proses pembuatan kopinya, penampilan dari mesin kopi juga akan mempengaruhi mood pembuat kopinya. 

Itulah ulasan tentang tips memilih traditional espresso machine untuk bahan pertimbangan anda ketika hendak membeli mesin kopi sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.