August 12, 2022
genteng metal berpasir
Banyak sekali orang yang tertarik memasang genteng metal berpasir sebagai atap bangunan yang berkualitas.

Saat ini pilihan genteng memang lebih beragam dibandingkan pada zaman dulu. Banyak sekali orang yang tertarik memasang genteng metal berpasir sebagai atap bangunan yang berkualitas. Kalau dibandingkan dengan atap bangunan orang tua zaman dulu, lebih suka genteng yang terbuat dari tanah liat.

Kenali Tentang Genteng Metal Berpasir

Genteng metal berpasir merupakan bahan yang terbuat dari material pasir memang terlihat unik dan kuat. Jadi bagian atas permukaan gentengnya seperti berpasir. Material yang digunakan untuk membuat genteng tersebut diantaranya zinc phospat, az 100, zincalume, dan campuran coraltex. Material campuran coraltex yang nantinya bisa membuat lapisan atas genteng seperti berpasir. 

Kelebihan Genteng Material Metal Berpasir

  • Korosif dan Anti Karat

Genteng dari bahan material berpasir memiliki kandungan aluminium, seng, dan lapisan anti karat. Genteng satu ini sangat terkenal tahan karat dan korosif berkat material yang ada di dalamnya. Walaupun sering mengalami cuaca panas dan hujan yang tidak menentu, genteng mampu bertahan dalam jangka waktu lama. 

  • Tidak Mudah Terbakar

Genteng memang terkenal tidak mudah terbakar karena bersifat non combustible. Genteng tersebut sifatnya tidak menghantarkan api. Tidak hanya itu, genteng memiliki kemampuan dalam meredam sambaran petir secara aman. Tanpa disadari, genteng dari material metal berpasir memang banyak dicari karena tingkat keamanannya. 

  • Mampu Meredam Kebisingan

Genteng dari material metal berpasir memiliki lapisan luar yang mampu meredam suara bising dari luar. Saat musim hujan tiba, maka curah hujan akan semakin lebat dan mampu memunculkan suara bising. 

  • Memiliki Sistem Kunci Khusus

Uniknya lagi, pemasangan genteng dari bahan metal berpasir menggunakan sistem kunci yang secara khusus didesain agar tidak mudah terbuka. Jadi saat angin kencang, maka genteng tidak akan mudah bergeser. Akan ada sistem kunci yang mampu mengatur posisi genteng dengan baik dan teratur. 

Kekurangan Genteng dari Material Berpasir

  • Rentan Terhadap Tekanan

Genteng dari bahan metal memang hanya memiliki ketebalan sekitar 0,20 sampai 0,40 mm. Dengan ketebalan yang tipis itulah membuat genteng rentan sekali mengalami tekanan seperti diinjak dan lain-lain. Oleh sebab itu, ketika penghuni rumah akan membenarkan posisi genteng sebaiknya diturunkan dan jangan sampai terinjak. 

  • Kemampuan Dalam Meredam Panas Rendah

Genteng dari material metal berpasir juga memiliki lapisan yang terbuat dari material galvalume tinggi. Sayangnya, kemampuan dalam meredam panasnya hanya 70% sehingga akan cukup berbahaya jika dibiarkan dalam kondisi panas. 

  • Warnanya Mudah Terkelupas

Kelemahan lain yang dimiliki oleh genteng metal berpasir yaitu warnanya mudah sekali berkelupas. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik pola pemasangannya agar warnanya tidak terkelupas. Letakkan pola pemasangan genteng dengan rapi, sehingga tidak menyebabkan genteng gampang bergesek dan warnanya memudar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.