April 23, 2024
uang dari deposito dengan bunga tinggi

Anda sudah membaca ulasan mengenai apa itu sertifikat deposito, deposito dengan bunga tinggi dan karakteristiknya.

Pada artikel sebelumnya, Anda sudah membaca ulasan mengenai apa itu sertifikat deposito, deposito dengan bunga tinggi dan karakteristiknya. Pada artikel kali ini, Anda bisa memperoleh informasi lebih detail mengenai produk Bank yang satu ini. 

Kapan Sebaiknya Membuka Sertifikat Deposito? 

Sertifikat deposito dengan bunga tinggi berguna dalam beberapa situasi. Misalnya ketika  Anda memiliki uang tunai yang tidak Anda butuhkan sekarang, tetapi uang tersebut mungkin akan Anda gunakan dalam beberapa tahun mendatang.

Atau mungkin untuk liburan khusus atau untuk membeli properti atau  rumah, mobil, biaya haji atau umrah. Dalam hal seperti ini, sertifikat deposito dengan bunga tinggi akan sangat berguna dan membantu menginvestasikan uang Anda secara aman. Karena jika Anda menyimpan uang Anda dalam bentuk saham, mungkin Anda bisa kehilangan uang selama periode waktu tersebut.

Atau ketika Anda ingin sebagian dari tabungan diinvestasikan dengan sangat konservatif, dan  menghindari risiko dan volatilitas pasar saham dan obligasi. 

Walaupun Sertifikat Deposito tidak menawarkan pertumbuhan investasi ekuitas. Namun, Sertifikat Deposito tidak membawa risiko penurunan. Maka uang Anda benar-benar akan tumbuh nilainya, jadi ketika Anda memiliki keinginan untuk membeli aset di masa mendatang, atau sekedar ingin menabung dengan suku bunga yang lebih tinggi, itulah saat yang tepat untuk membuka sertifikat deposito. 

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuka Sertifikat Deposito 

Pastikan Anda menerima bilyet/surat berharga Sertifikat Deposito

Pada saat pencairan deposito, kewajiban Anda adalah  menandatangani formulir pencairan. Pastikan juga Anda menerima pokok dan bunga deposito yang berlaku

Perhatikan tingkat suku bunga deposito yang berlaku dan pastikan telah sesuai dengan ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Keuntungan Memiliki Sertifikat Deposito

Berikut ini beberapa keuntungan dari sertifikat deposito ;

Sertifikat deposito dapat dijadikan sebagai agunan/jaminan kredit.

Bunga yang diperoleh dari sertifikat deposito lebih tinggi dari produk simpanan Bank yang lain 

Pengelolaan uang lebih terencana, sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu deposito. 

Sertifikat deposito ini dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS)

Ketika Anda membuka sertifikat deposito, Anda juga bisa menggunakannya sebagai dana darurat. Hal ini memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki cadangan yang cukup jika terjadi keadaan darurat, karena jumlah uang yang tersimpan di Sertifikat Deposito tidak akan pernah berkurang.

Di mana Anda Bisa Mendapatkan Layanan Ini

Anda bisa membuka sertifikat deposito hanya di beberapa bank dengan kriteria tertentu. Tidak semua Bank bisa menerbitkan sertifikat deposito. Hal ini dilihat dari segi kesehatan dan kemampuan bank dari segi kebutuhan permodalannya. Namun, sebagian besar Bank  memiliki beragam istilah yang ditawarkan. 

Semoga ulasan ini bermanfaat. Bagikan juga ke teman-teman dan komunitas Anda agar informasi ini tidak berhenti di Anda saja. Selamat berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.