August 12, 2022
Ilustrasi kenaikan suku bunga deposito
Yuk, coba tabungan deposito yang akan menjaga uang Anda dalam waktu lama plus mendapat suku bunga deposito hingga 5% lebih dari jumlah total tabungan yang disimpan.

Ingin menabung yang aman, untung dan bisa menjadi investasi masa depan? Yuk, coba tabungan deposito yang akan menjaga uang Anda dalam waktu lama plus mendapat suku bunga deposito hingga 5% lebih dari jumlah total tabungan yang disimpan.

Pengertian tabungan deposito

Tabungan deposito adalah salah satu jenis tabungan berjangka yang membantu nasabah menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, ketika diambil kurang dari waktu kesepakatan akan terkena penalti. Simpanan jangka panjang tersebut bisa 3, 6,12, 24 bulan. Bisa dikataka bahwa tabungan depositonya mengendap untuk keperluan masa depan. Setiap kali Anda mendepositkan uang dalam waktu tertentu, katakanlah 3 bulan nanti ada suku bunga yang masuk ke tabungan deposit Anda, jadi tabungan Anda akan bertambah. Misalnya, Anda menabung Rp. 5 juta untuk jangka waktu 12 bulan, dengan nilai bunga mencapai Rp. 230 ribu. Maka, bunga tersebut menjadi hak milik Anda dan bisa dicairkan sesuai nominal yang tertera. Suku bunga deposito rata-rata sebesar 3%-6% untuk setiap jangka waktu simpanan.

Cara mengambil bunga di tabungan deposito

Untuk mengambil bunga deposito dan tabungan depositonya bisa serempak setelah semua administrasi selesai. Mulanya, nasabah harus melengkapi syarat pencairan deposito kemudian menunggu beberapa saat untuk verifikasi data. Setelah tabungannya cair maka tinggal menunggu bunga depositnya yang cair sesuai nominal. Untuk administrasi pencairan tabungan deposito nasabah sebaiknya membayarkan dengan biaya di luar tabungan depositnya agar tidak terjadi rancu data. Jadi, tabungan dan suku bunga deposito Anda diberikan bulat penuh oleh bank sedangkan administrasinya dibayar di luar kedua tabungan pokok tersebut.

Besarnya biaya administrasi pencairan tabungan depositnya hampir sama untuk semua jumlah tabungan. Misalnya, Anda menabung Rp. 5 juta selama 12 bulan akan sama biaya administrasinya dengan menabung Rp. 3 juta selama 6 bulan. Yang berbeda adalah suku bunga untuk keduanya, lebih tinggi suku bunga terlama. Makin lama Anda mengambil jangka waktunya maka suku bunga mencapai 5,5%. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.