March 28, 2024
ilustrasi genset 50 kva
Butuh genset tapi budget masih terbatas? Terlebih lagi untuk Anda yang tinggal di wilayah yang sering terjadi mati listrik sehingga penting untuk mempunyai genset. Keperluan genset juga sangat dibutuhkan oleh pelaku industri rumahan yang kesehariannya memang menggunakan listrik, jika Anda membutuhkan genset dengan dana terbatas mungkin membeli genset 50 kVa bekas bisa menjadi pilihan tepat.

Butuh genset tapi budget masih terbatas? Apalagi di wilayah Anda sering terjadi mati listrik sehingga penting untuk mempunyai genset, keperluan genset juga sangat dibutuhkan oleh pelaku industri rumahan yang kesehariannya memang menggunakan listrik, jika Anda membutuhkan genset dengan dana terbatas mungkin membeli genset 50 kVa bekas bisa menjadi pilihan tepat.

Merk Genset Bekas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli genset bekas adalah merk dari genset, karena dari merk Anda bisa mengetahui kualitas atau ketahanannya, biasanya generator dengan merk dari Eropa memiliki ketahanan yang lebih baik, namun tidak serta merta karena berasal dari merk ternama memiliki performa yang baik jika perawatan yang dilakukan juga tidak sesuai.

Untuk mengetahui genset dalam kondisi yang baik atau tidak Anda bisa melihat tahun produksi genset, selain melihat tahun produksi hal lain yang perlu diperhatikan adalah lamanya masa penggunaan dari pengguna sebelumnya, Anda perlu bertanya pada pihak penjual apakah genset pernah di overhaul atau tidak, karena overhaul tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Uji Genset

Setelah mengetahui merk; tahun produksi serta masa penggunaan genset tanyakan juga apakah mereka bisa menguji kerja genset, pengujian ini untuk membuktikan bahwa genset 50 kVa dalam keadaan yang baik minimal kapasitasnya sampai 80%, dengan uji beban tersebut Anda dapat lebih mengetahui kekuatan dari genset, coba lakukan pengujian minimal 3x sehingga dapat lebih meyakinkan Anda saat membeli genset bekas.

Pemeliharaan Sebelumnya

Usahakan untuk mencari genset yang tidak lebih dari 15 tahun karena Anda akan kesulitan menemukan spare part, coba tanyakan pada penjual mengenai pemeliharaan genset yang mungkin pernah dilakukan sebelumnya.

Garansi

Meski termasuk sebagai genset bekas bukan berarti tidak bisa mendapatkan garansi, biasanya toko terpercaya yang menjual genset bekas menyediakan garansi 1 hingga 3 bulan setelah waktu pembelian, Anda bisa langsung menanyakan masalah garansi pada pihak toko sebagai antisipasi bila toko tidak menawarkan garansi genset 50 kVa, karena tidak semua toko menyediakan garansi genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.