August 12, 2022
Ilustrasi kemasan untuk makanan
Bila anda ingin merintis usaha dibidang kuliner atau FNB (Food and Beverage), maka salah satu hal yang harus anda persiapkan adalah model cetak kemasan.

Sekarang ini dapat kita rasakan banyak sekali usaha kecil dan menengah mulai berkembang pesat, mulai dari industri makanan, kerajinan, percetakan, skincare, dan lainnya. Mungkin anda juga salah satu dari mereka yang sedang merintis usaha food and beverage? Lantas apakah anda sudah menentukan model cetak kemasan yang cocok untuk produkmu?

Apakah Pentinya Cetak Kemasan Bagi Usahamu?

Bila anda ingin merintis usaha dibidang kuliner atau FNB (Food and Beverage), maka salah satu hal yang harus anda persiapkan adalah model cetak kemasan. Mengapa tidak, karena kemasan merupakan hal utama yang dinilai oleh konsumen sebelum mereka menilai rasa dari makanan atau minuman anda.

Pentingnya cetak kemasan tidak hanya itu, akan tetapi sebagai wadah atau tempat untuk produk. Makanan dan minuman akan lebih efisien disimpan dalam suatu kemasan yang efisien dan bisa disimpan, sehingga konsumen dapat menyimpan dan membawa makanan dengan aman melalui kemasan tersebut.

Apakah Kemasan Produk Makanan Selalu Dibutuhkan? 

Bagi anda yang memiliki usaha FNB dengan model street food maka kemasan produk sangatlah dibutuhkan. Hal tersebut karena umumnya konsumen akan membawa (take away) makanan yang dipesan dan dikonsumsi di tempat lain. Adanya kemasan tersebut akan memberikan keleluasaan dan kenyamanan bagi pelanggan, sehingga mereka tidak harus menghabiskan makanan atau minuman mereka ditempat.

Model cetak kemasan dirasa kurang dibutuhkan untuk usaha makanan seperti café atau co-working space atau restoran. Mengapa demikian? Karena mereka telah menyediakan tempat makan dan kondisi untuk santai dan rileks, sehingga suasana tersebut lebih cocok untuk makan bersama teman atau keluarga.

Selain itu, kemasan cetak juga dirasa kurang efisien dari segi anggaran dana. Karena sifatnya yang hanya sekali pakai sehingga dirasa kurang efisien. Oleh karena itu anda bisa menyajikan makanan dan minuman ke dalam piring, mangkok, atau gelas khusus yang sesuai. Sehingga pelanggan juga merasa lebih tertarik untuk menikmati hidangan di restomu.

Bila anda juga menyediakan jasa take away atau pesan antar melalui food marketplace maka pentingya cetak kemasan berperan disini. Sehingga anda juga dapat menyediakan model cetak kemasan untuk pesanan makanan dan minuman yang bersifat take away atau dibawa pulang saja.

Pemilihan Jenis Kemasan FNB (Food and Beverage)

Ada banyak sekali jenis kemasan FNB yang bisa anda gunakan, tentunya harus anda sesuaikan dengan produk yang anda jual. Bila anda mencari model cetak kemasan produk makanan maka anda bisa mempertimbangkan model rice box, lunch box, paper bowl, paper lunch box sekat, lotus pack, toast box, atau snack box.

Pemilihan kemasan makanan yang cocok tentunya disesuaikan dengan produk yang anda akan jual. Apakah anda bergerak dibidang makanan ringan/snack, makan siang, roti bakar, ayam goreng, kentang goreng, burger, dan lainnya. Setelah itu barulah anda tentukan desainnya seperti tulisan yang harus di cetak (print), cetak atau cap logo, cetak gambar produk, dan lainnya.

Sementara itu untuk produk minuman terdapat model plastic cup dan paper cup dengan variasi ukuran yang berbeda. Seperti halnya model cetak kemasan makanan, untuk produk minuman tidak kalah penting harus anda menyiapkan cetak stiker atau desain khusus yang menarik. Selain itu diperhatikan juga ukuran cup dan jumlah cup yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.