August 11, 2022
Ilustrasi kehamilan
Menghitung masa subur untuk merencanakan program memiliki momongan memang harus diperhitungkan, dan sekarang dapat dibantu dengan aplikasi kalender haid.

Menghitung masa subur untuk merencanakan program memiliki momongan memang harus diperhitungkan. Pada perhitungan itulah Anda akan memiliki peluang untuk memiliki keturunan saat menjalin hubungan dengan pasangan. 

Zaman sekarang sudah ada aplikasi kalender haid atau masa subur yang bisa digunakan secara praktis. Ini nih step penggunaannya.

Cara Menghitung Masa Subur Dengan Aplikasi

Saat ini perkembangan teknologi juga memberikan kemudahan untuk para wanita yang ingin menghitung masa subur tanpa harus menghitung atau menandainya di kalender manual. Banyak aplikasi-aplikasi yang bisa menghitung dengan mudah masa subur Anda.  Setiap aplikasi memiliki teknik yang berbeda.

  1. Pilih aplikasi terpercaya

Cobalah mendownload aplikasi penghitung masa subur yang sangat direkomendasi. Setelah itu masukan segala data yang dibutuhkan.

  1. Tandai tanggal

Cara menggunakan aplikasi  kalender masa subur  cukup mudah. Anda tinggal menandai kapan terakhir mengalami menstruasi. 

  1. Muncul perkiraan masa subur

Setelah menandai kapan terakhir menstruasi, akan muncul tanda atau perkiraan kapan Anda mengalami masa subur.

  1. Penentuan tanggal menstruasi

Selain masa subur, aplikasi ini juga bisa menentukan kapan Anda akan mengalami menstruasi dibulan berikutnya.

Secara garis besar inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa subur yang bagus bagi siklus reproduksi.  Penggunaan aplikasi akan membantu Anda untuk mengingat masa subur dan juga tanggal menstruasi.

Pentingnya Kalender Masa Subur Untuk Wanita

Akan menjadi sebuah pertanyaan, mengapa menghitung kalender kesuburan itu penting? Hal ini karena masa ovulasi akan menguntungkan bagi Anda dan pasangan. Pada masa itulah tingkat kesuburan sedang aktif dan bila terjadi pembuahan bisa menghasilkan keturunan dengan tingkat persen yang cukup tinggi.

Sayangnya, masa ovulasi atau subur  sel telur yang dilepaskan hanya mampu bertahan  12 sampai 24 jam saja. Sehingga Anda harus benar-benar tahu kapan masa subur tersebut terjadi.

Oleh karena itu melakukan perhitungan masa subur itu harus dilakukan. Anda bisa memantaunya melalui aplikasi. Biasanya perhitungan tersebut cukup akurat. Bahkan, ada notifikasi yang bisa mengingatkan Anda jika lupa.

Tidak berhenti disitu saja. Anda juga harus mengintensifkan hubungan seksual dengan pasangan, supaya peluang mendapat kehamilan yang besar.

Pasangan suami istri harus melakukan hubungan seksual 5 hari sebelum terjadinya ovulasi. Hal ini karena sperma bisa hidup selama 3-5 hari di dalam rahim, sehingga bila masa suburnya tiba maka proses pembuahan akan terjadi lebih cepat.

Setiap orang memiliki siklus masa subur yang berbeda-beda. Untuk itu penggunaan aplikasi kalender masa subur ini untuk menentukan siklus reproduksi secara pribadi. Bahkan gejala saat ovulasi juga berbeda-beda. Akan lebih mudah kalau Anda menghitungnya menggunakan aplikasi.  Namun, ingat meskipun sudah melakukan perhitungan dan juga melakukan hubungan secara intens, proses kehamilan belum tentu terjadi. Untuk itu Anda harus bersabar dan tetap mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.