March 29, 2024
Ilustrasi atap bangunan
Manfaat rangka baja terbaik sebagai material konstruksi atap rumah sudah disebutkan sebelumnya. Jika baja ringan sendiri sebenarnya bisa digunakan sebagai material alternatif pengganti dari kayu. Biasanya baja ringan digunakan untuk rangka atap rumah karena sangat kuat dan ringan serta mudah dipasang.

Manfaat rangka baja terbaik sebagai material konstruksi atap rumah sudah disebutkan sebelumnya. Jika baja ringan sendiri sebenarnya bisa digunakan sebagai material alternatif pengganti dari kayu. Biasanya baja ringan digunakan untuk rangka atap rumah karena sangat kuat dan ringan serta mudah dipasang. 

Selain itu, sebenarnya ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan rangka baja untuk atap rumah diantaranya:

Bisa menahan gempa

Karena beratnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan kayu, sehingga beban yang harus ditanggung struktur di bawahnya juga akan lebih rendah. Hal ini sangat berguna untuk jenis bangunan di kawasan rawan gempa. Pada saat terjadi gempa, rangka baja ringan tidak akan membuat bangunan di bawahnya menjadi hancur. Sebaliknya, atap baja ringan akan membantu dalam meredam guncangan yang terjadi di tanah menuju ke atap dan dinding. 

Menahan api saat terjadi kebakaran

Jika terjadi kebakaran, penggunaan rangka baja terbaik akan menurunkan potensi api membesar. Hal ini akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan rangka kayu. Ketika menggunakan kayu, saat kebakaran maka kayu akan menjadi sangat mudah membuat bara membesar yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan pada bangunan semakin parah. Salah satu manfaat menggunakan baja ringan adalah bisa menahan api saat terjadi kebakaran dan setidaknya akan lebih aman jika digunakan pada perumahan. 

Tidak mudah diserang rayap

Satu hal yang sangat penting dan sangat bermanfaat dari penggunaan rangka baja atap ringan adalah bebas dari serangan rayap, sehingga akan lebih tahan lama dan tak perlu untuk Anda melakukan renovasi terlalu sering. Sedangkan ketika Anda menggunakan rangka kayu, maka akan dibutuhkan lapisan khusus yang digunakan untuk mencegah serangan dari rayap. 

Proses pemasangannya cepat

Jika dibandingkan dengan menggunakan material kayu, pemasangan rangka baja terbaik memang jauh lebih cepat dibandingkan dengan kayu. Prosesnya mudah dan simpel, apalagi jika ditunjang dengan bobotnya yang sangat ringan maka satu tukang juga sebenarnya bisa memasang rangka baja sendiri untuk atap. 

Tidak Menyusut dan Memuai

Walaupun terbuat dari baja, sebenarnya baja ringan sendiri tidak memiliki nilai susut dan memuami. Sehingga penggunaan rangka baja tidak akan berubah walaupun cuaca yang sangat panas hingga dingin. Sementara jika Anda menggunakan rangka kayu maka akan sangat rawan memuai dan menyusut seiring dengan penggunaan dan cuaca yang terjadi. 

Pengerjaannya cepat

Dan salah satu manfaat dari rangka baja terbaik yang digunakan untuk atap adalah lebih cepat untuk dibuat jika dibandingkan kayu. Pasalnya, kayu dibutuhkan proses penghalusan, pengecatan dan lainnya. Sedangkan menggunakan rangka baja ringan hanya perlu pengukuran yang tepat, bentuk yang pas lalu disambungkan juga sudah bisa digunakan dan pengerjaannya menjadi lebih cepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.