August 11, 2022
ilustrasi espresso

Apabila anda bukan seorang barista atau pemilik kedai kopi, namun berniat membeli sebuah mesin espresso astoria, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui terlebih dahulu.

  1. Tidak Mudah

Kita seringkali melihat para barista membuat espresso dengan mesin espresso astoria di kedai kopi, dan kelihatannya cukup mudah. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu sehari saja.

Membuat espresso dengan menggunakan mesin espresso astoria tidak cukup hanya dilakukan sekali saja, bahkan untuk para barista, membuat espresso bisa harus dilakukan sebanyak 3 – 4 kali sebelum berhasil.

Karena hal tersebut harus memperhatikan beberapa hal, seperti grind setting, sehingga pada shots awal pembuatan espresso, seorang barista pun bisa mengalami kegagalan, bagaimana untuk anda yang masih pemula?

  1. Timing

Berkaitan dengan kesulitan pembuatan sebuah espresso, timing atau waktu yang tepat sangat dibutuhkan ketika anda membuat espresso baik secara manual maupun menggunakan mesin espresso astoria. 

Seringkali, waktu yang tidak tepat mengacaukan segalanya, bubuk kopi yang akan anda buat espresso berhamburan bahkan cairan espresso bisa mengotori meja. Dan, apabila anda tidak segera membersihkan bubuk kopi maupun cairan espresso, noda itu akan sangat sulit untuk dihilangkan.

  1. Daya Listrik

Sebagian besar tipe dari espresso astoria memiliki daya listrik yang lumayan besar, daya listrik pada setiap mesin espresso bisa mencapai 3500 dan bahkan lebih untuk tipe mesin espresso astoria yang lebih besar.

  1. Disiplin

Menggunakan sebuah mesin pembuat espresso selain harus memperhatikan timing yang tepat serta kebersihan, anda harus juga memiliki kedisiplinan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan bekerja di depan mesin espresso astoria tidak senyaman yang dilihat di kedai – kedai kopi.

Mesin espresso akan mengeluarkan hawa panas yang berasal dari boiler, dan anda bisa saja terkena cipratan air mendidih dari boiler tersebut.

  1. Perawatan

Mesin espresso adalah salah satu mesin yang cukup bandel dan dapat dipergunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tidak serta merta dilakukan begitu saja, namun anda sebagai pemilik mesin espresso astoria harus memperhatikan perawatannya.

Perawatan mesin espresso astoria yang benar akan menjaga mesin ini tetap awet, sehingga mesin ini pun akan tahan lama. Anda harus selalu mengecek bagian group head dan backflush setiap waktu, karena bagian bagian ini dapat mempengaruhi rasa dari kopi apabila terdapat noda sisa.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membeli mesin espresso astoria atau anda ingin menjadi seorang barista. Apabila anda ingin membuka sebuah kedai kopi, alangkah baiknya anda memberikan pengertian yang cukup kepada calon pegawai anda untuk selalu menjaga kebersihan mesin kopi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.